Bisnis Sampingan Bagi Karyawan

Mau banting setir  jadi pengusaha tapi masih takut kehilangan gaji bulanan? Kenapa tidak cari ide bisnis sampingan karyawan yang bisa dijalankan di sela-sela waktu luangmu? Emangnya ada?

Menjadi seorang karyawan selama bertahun-tahun dengan pekerjaan yang sama setiap harinya tentu membuat sebagian besar orang jenuh kerja kantoran. Saatnya mencoba tantangan baru, “banting setir” jadi seorang wirausahaan tanpa harus meninggalkan pekerjaan kantoran.

Sekarang ini ada banyak peluang bisnis sampingan karyawan yang bisa kita jalankan di luar jam kerja. Apalagi di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini, menjalankan usaha sambil kerja di kantoran bukan merupakan hal yang sulit. Bahkan kamu bisa memulainya hanya dengan telepon pintarmu. Lantas, bisnis apa saja yang bisa kita jalankan di luar jam kerja?

Untuk meyakinkan Anda yang masih ragu-ragu memulai usaha sampingan, berikut adalah alasan kenapa Anda harus mencoba usaha sampingan dari sekarang.

Banyak Perusahaan Besar Berawal Usaha Sampingan

Jangan pernah menyepelekan bisnis sampingan, karena banyak perusahaan besar yang kini mendunia, awalnya hanya dimulai dari sebuah usaha sampingan. Ide yang unik dan didukung dengan keterampilan yang mumpuni, menjadikan usaha sampingan bisa berkembang pesat. Anda bisa memulainya dari keahlian yang Anda miliki dari pekerjaan yang Anda geluti saat ini.

Butuh Uang Tambahan

Gaji pas-pasan menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus segera memulai usaha sampingan. Memiliki bisnis sampingan bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk menambah pundi-pundi uang setiap bulan. Selain untuk mencukupi  kebutuhan hidup sehari-hari, uang tambahan tersebut juga bisa Anda gunakan untuk tabungan masa depan.

Sebagai Ajang Aktualisasi Diri

Selain untuk mendapatkan tambahan uang, ternyata bisnis sampingan juga bisa jadi ajang bagi Anda untuk menyalurkan hobi, bakat, atau keahlian Anda di luar pekerjaan kantor. Bahkan tak jarang usaha sampingan bisa Anda jadikan sebagai ajang aktualisasi diri dan salah satu sarana penyalur hobi, ketika jenuh dengan rutinitas pekerjaan kantor.

Jadi Tabungan di Hari Pensiun

Sebagai karyawan, masa pensiun di hari tua masih menjadi momok yang menyeramkan. Bagi karyawan swasta yang biasanya tak mendapatkan dana pensiun bulanan, kini saatnya Anda memiliki rencana untuk membuat bisnis sampingan yang bisa dijadikan sebagai tabungan penyambung hidup ketika memasuki masa pensiun. Aktivitas bisnis juga bisa menyelamatkan Anda dari gangguan psikologis, ketika memasuki masa pensiun.

Peluang Pasar  Terbuka Lebar

Saat ini hampir semua usaha memiliki pangsa pasar masing-masing. Apalagi saat ini jaringan internet memudahkan siapa saja untuk menjual produk ke berbagai daerah dengan cara yang cukup mudah. Jadi, jangan ragu untuk membuka bisnis sampingan karena peluang pasarnya masih sangat terbuka lebar.

Memiliki posisi jabatan yang mapan dengan gaji bulanan cukup lumayan, seringkali membuat kita terjebak dalam zona nyaman. Akibatnya, kita malas untuk keluar dari zona nyaman dan enggan untuk memperkaya diri meski ada berbagai macam peluang bisnis sampingan karyawan yang sebenarnya potensinya sangat menggiurkan.

Dengan modal kreativitas dan kesehatan prima di usia yang relatif masih muda, sebenarnya kamu bisa mendapatkan pemasukan ekstra dari bisnis sampingan yang bisa dijalankan setelah pulang kerja. Selain bisa dijadikan sebagai sumber pemasukan ekstra, membuka bisnis sampingan juga mengasah daya kreativitasmu untuk terus berkarya.

Mumpung masih muda, tak ada salahnya bila kamu mencoba 5 bisnis sampingan karyawan di bawah ini untuk mendapatkan tambahan pemasukan setiap bulannya.

Satu, bermodalkan smartphone, kamu bisa coba jualan online untuk mendatangkan pendapatan ekstra. Bisnis sampingan karyawan yang satu ini tidak butuh modal besar dan sama sekali tak membutuhkan tenaga ekstra. Kamu bisa memulainya dengan menjadi dropshipper salah satu onlineshop. Disini aktivitas upload foto bisa kamu lakukan di pagi hari sebelum berangkat kerja atau bisa juga pada malam hari ketika sudah sampai rumah, dan untuk melayani pemesanan yang masuk kamu bisa memanfaatkan waktu istirahatmu untuk membalas pertanyaan konsumen. Sebagai dropshipper tentu kamu tak perlu direpotkan dengan urusan packing dan pengiriman barang, karena semuanya dikerjakan oleh supliermu.

Dua, bermodalkan keahlianmu jadilah pekerja freelance setelah pulang kerja. Di era serba online seperti sekarang ini, banyak media online yang membutuhkan tenaga-tenaga freelance dengan bayaran cukup lumayan. Mulai dari tenaga freelance writer (penulis lepas), jasa desain grafis freelance, fotografer freelance, translator freelance, atau bisa juga jadi seorang freelance stylist. Tanpa keluar modal dana, kamu bisa memanfaatkan keahlian yang dimiliki untuk menjadi seorang freelancer.

Tiga, manfaatkan hobimu untuk membuka bisnis sampingan. Tak hanya sebagai penghilang stress di tempat kerja, menyalurkan hobi ternyata juga bisa menghasilkan income tambahan jika ditekuni menjadi sebuah usaha. Contohnya saja buat kamu yang hobi membuat kue, menggambar, memasak, menjahit, hobi berkebun, membuat kerajinan tangan, atau bahkan hobi otomotif maupun memelihara hewan kesayangan ternyata juga bisa menghasilkan uang.

Empat, nah buat kamu yang jago membuat website atau hobi menulis, kamu bisa juga membuat blog untuk mendatangkan pasif income setiap bulan. Caranya cukup mudah, kamu bisa membuat sebuah website dengan topic tertentu dan apabila pengunjung websitemu sudah semakin banyak, tidak menutup kemungkinan bila situs tersebut akan dilirik Google untuk memasang iklan di tempatmu. Meski awalnya kamu harus disiplin untuk membuat konten menarik di halaman websitemu, namun ketika Google sudah tertarik memasang iklan di websitemu justru pemasukan yang diterima dari iklan bisa lebih besar dari gaji bulanan yang kamu terima dari tempat kerjamu.

Lima, hanya dengan modal ponsel dan internet kamu bisa buka jasa promosi toko online di sosial media. Sekarang ini banyak pelaku bisnis toko online yang memanfaatkan sosial media untuk menggenjot promosi bisnisnya. Namun sayangnya karena kesibukan para pemiliknya, mereka tak lagi sempat untuk mempromosikan bisnis toko onlinenya secara rutin. Peluang inilah yang bisa kamu manfaatkan dengan membuka layanan jasa promosi toko online di sosial media. Sekarang ini jasa paid promote yang  sedang hits di kalangan pelaku bisnis toko online adalah via instagram dan line add. Bayarannya pun tak main-main, dari mulai puluhan ribu rupiah sampai jutaan  rupiah tergantung paket promosi yang ditawarkan.

Atau coba anda ikut workshop di Nayadigital.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *