Gaji Rp5Juta Ingin Beli Mobil Seharga Rp200Juta

Pertanyaan;

Rsaya seorang karyawan swasta di salah satu perusahaan manufaktur di Medan. Saya berpenghasilan rata-rata Rp 4 juta, ditambah bonus bulanan rata-rata Rp 800 ribu. Saya ingin mempunyai mobil seharga Rp 200 juta. Mohon bantuan sarannya Mbak. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Jawaban:

Bapak / Ibu, terima kasih untuk pertanyaannya.

Untuk mempunyai mobil impian seharga Rp 200 juta dapat diwujudkan dengan dua cara, yaitu membeli secara tunai atau membeli secara kredit. Saya akan coba bahas dua cara di atas.

Pertama, membeli secara tunai. Dana tunai dapat saja dipersiapkan dari penyisihan penghasilan bulanan dan juga penghasilan variabel seperti bonus. Besarnya tergantung target waktu yang Anda harapkan, semakin cepat maka dana yang harus disisihkan semakin besar. Anda juga harus menghitung kemungkinan kenaikan harga mobil tersebut di masa depan.

Anda dapat menempatkan dana yang Anda sisihkan tiap bulan pada instrumen investasi, agar dana yang terkumpul lebih cepat mencapai target dan melebihi dari nilai inflasi. Namun Anda harus memahami keuntungan dan risiko instrumen investasi tersebut.

Misalkan, diasumsikan harga mobil naik sebesar 6% per tahun, dan diasumsikan kinerja produk investasi yang Anda pilih memberikan return sebesar 12%. Maka, apabila Anda berharap untuk membeli mobil dalam 4 tahun ke depan, Anda butuh berinvestasi sebesar Rp 4,1 juta. Sepertinya angka ini kurang memungkinkan ya?

Kedua, dengan cara mengunakan fasilitas dari lembaga keuangan, yakni kredit pemilikan kendaraan. Maka, Anda harus menyiapkan uang muka serta kemampuan membayar cicilan setiap bulannya. Dengan target harga beli mobil sebesar Rp 200 juta, maka uang muka yang dibutuhkan sebesar Rp 60 juta. Apabila saya gunakan asumsi kredit pemilikan kendaraan dengan bunga flat 7% selama 5 tahun atau 60 bulan, cicilan pinjaman Anda menjadi Rp 3,15 juta per bulan.

Dalam perencanaan keuangan, saran yang ideal adalah jumlah cicilan pinjaman non-hipotek, atau selain pinjaman rumah hanya maksimal 20% atas penghasilan bulanan. Dengan demikian, cicilan pinjaman yang ideal untuk Anda maksimal sebesar Rp 1 juta. Sehingga, saran saya menabunglah dahulu untuk mencapai uang muka yang lebih besar, atau ubah target harga beli kendaraan agar sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Live a Beautiful Life!

Jika mau beli mobil tanpa keluar uang sendiri baca ebooknya beli di sini http://tipsbelimobil.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *