Tips Untuk Start Up Bisnis Internet

Setiap orangĀ memerlukan kemampuan dalam bidang tertentu. Misalnya, apabila Anda ingin membuka usaha salon, setidaknya harus tahu tentang model rambut terbaru. Atau mempunyai kecakapan dalam memotong rambut dan mengetahui harga-harga produk perlengkapan salon. Sama halnya dengan bila seseorang ingin membuka startup. Ada teknik dan kemampuan yang harus dipelajari dan dikuasai agar bisa menjalankan bisnis di bidang IT.

Sayangnya, ada kendala yang bisa menghambat seseorang untuk bisa memulai bisnis startup. Salah satunya adalah kurangnya skill dalam bahasa pemrograman untuk bisa merealisasikan ide-idenya. Meskipun Anda bisa menyewa programer untuk mewujudkan impian, ada beberapa kemampuan yang bisa dikuasai sebagai alat untuk membantu Anda membuka bisnis startup.

Berikut ini sembilan keterampilan yang harus dikuasai untuk menjadi startup founder.

1. Kemampuan untuk Berkomunikasi dengan Orang-Orang Teknis

Pebisnis yang mau menjalankan startup sebenarnya tidak perlu benar-benar menguasai coding ataupun mengerti solusi dari masalah teknis sepenuhnya. Namun, cukup mengetahui dasar teknis dari bisnis yang akan dijalankan. Dengan begitu, founder dapat berkomunikasi dengan jelas dengan development team dalam mengembangkan startup yang diinginkan serta semua hal yang bersifat teknis. Hal ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah karena orang teknis dan nonteknis bisa berkomunikasi dengan nyaman.

2. Kemampuan untuk Menganalisis

Pebisnis apa pun, baik di bidang startup maupun di bidang lain, perlu memiliki kemampuan analisis. Misalnya, perusahaan yang dirintis bergerak di bidang finance. Saat perusahaan tersebut menciptakan produk tertentu, harus diperhitungkan segala sesuatu yang dianggap sebagai biaya perusahaan. Kemampuan menganalisis biaya operasional dan langkah-langkah yang bisa diambil ke depannya akan mendorong perusahaan menjadi lebih maju dan mudah berinovasi. Dengan mengeliminasi proses yang tidak perlu dan memakan banyak cost, perusahaan startup juga menjadi lebih efektif dan meraup lebih banyak profit.

3. Kemampuan untuk Mempersiapkan Sistem Analisis

Seorang founder perusahaan startup perlu memiliki kemampuan untuk mempersiapkan sistem analisis. Founder perlu mengerti data di balik bisnis yang dilakukan. Bila data sudah komplet dan tersusun rapi, ke depannya akan lebih mudah untuk membuat persiapan dan tahu persis apa yang ingin dikerjakan.

4. Kemampuan untuk Memecahkan Kode

Sedikit mengetahui informasi dasar tentang HyperText Markup Language (HTML) bisa memberikan anda keuntungan dalam memecahkan kode. Perintah dasar pemrograman dalam bahasa HTML akan memudahkan Anda jika terjadi masalah sederhana, seperti edit links dan images. Selain itu, Anda bisa lebih berhemat dengan tidak perlu mengeluarkan biaya programmer.

5. Pemahaman tentang SEO

Menguasai kemampuan Search Engine Optimization (SEO), seperti meta tags, alt tags pada gambar, riset, dan penempatan keyword pada kalimat, penting untuk bisa berada di posisi pertama search engine. Setiap perusahaan IT pastinya menggunakan SEO untuk bisa meningkatkan value perusahaan. Terkadang menggunakan jasa SEO membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, apabila mempunyai kemampuan ini, tidak perlu khawatir dengan bujet jasa SEO yang membengkak.

6. Kemauan untuk Terus Belajar

Teknologi ataupun bahasa pemrograman selalu berkembang seiring waktu. Karena itu, seorang founder perusahaan startup dituntut untuk mau terus belajar. Saat sudah menguasai satu bidang tertentu, tidak lantas kemudian lebih banyak berdiam diri.

7. Kemampuan untuk Menciptakan Automation System

Salah satu kemudahan dalam bisnis startup adalah sistemnya yang bisa diotomatisasi. Untuk menjadi startup founder yang mumpuni, perlu memiliki kemampuan untuk bisa menciptakan automation system sehingga bisnis bisa berjalan secara otomatis. Menciptakan flowchart dan proses untuk marketing automation dapat membuat tingkat conversion menjadi sangat besar. Mintalah kepada developer dan sediakan framework tentang apa yang akan dilakukan. Dengan membuat daftar tersebut, Anda bisa membuat sistem bekerja dengan lebih mudah dan otomatis.

8. Pemahaman tentang Lembar Kerja

Kemampuan dalam memahami lembar kerja atau spreadsheet juga penting. Karena biasanya data-data perusahaan akan masuk ke dalam lembar kerja (biasanya excel) yang mana penting bagi founder untuk membuat perintah sederhana ataupun membaca grafik.

9. Pemahaman tentang HTML

Skill dasar HTML sangat berarti karena founder dapat melakukan beberapa hal secara online, seperti menambahkan link ke forum posts, format teks untuk penekanan, dan bahkan membuat bulleted lists. Kalau Anda membuat startup yang menjalankan website, memahami sedikit tentang bahasa pemrograman akan menjadi nilai tambah tersendiri.

10. Kemauan Keras

Selain keterampilan, kemauan dan tekad yang kuat harus ada dalam jiwa seorang start up bisnis. Keterampilan di atas saja tidak cukup, jika tidak memiliki kemauan yang keras untuk memajukan bisnisnya.

 

Sukses buat kita semua
Hadi Hartono
nayadigital.com

Belajar internet marketing bersama hadihartono.id founder nayadigital.com

One thought on “Tips Untuk Start Up Bisnis Internet

  1. terimakasih telah mengirimkan saya artikel- artikel setiap hari yang sangat berguna untuk saya pelajari. saya tak akan bosan membaca email kiriman dari anda, saya sebagai pemula perlu banyak pemasukan pengetahuan tentang internet marketing dari anda. tolong dong kunjungin web saya dan mohon berikan komen dan masukan yang berguna untuk web ini. apapun komen yang anda berikan untuk saya sy akan terima , asalkan dapat membuat sy lebih maju. makasih !!!!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *