5 Tips Membersihkan Noda pada Baju Piyama Anak

  • Whatsapp
5-Tips-Membersihkan-Noda-pada-Baju-Piyama-Anak
Foto dari Canva Pro

Pakaian anak-anak memang tak bisa terpisah dari noda. Sebenarnya hal ini bukanlah masalah yang besar karena justru baju-baju anak yang bernoda menjadi tanda bahwa anak bertumbuh dan berkembag. Apalagi baju piyama anak yang seringkali dipakai bermain sebelum atau setelah tidur. Noda pada piyama ini tentu akan terasa mengganggu dan sebaiknya dihilangkan dengan cara yang tepat.

Menghilangkan Noda di Baju

Sebenarnya pakaian anak sudah didesain menggunakan bahan-bahan berkualitas yang mudah dibersihkan. Anda hanya perlu teknik yang tepat sehingga noda-noda tersebut hilang dengan sempurna. Berikut ini adalah 5 tips yang bisa dicoba saat membersihkan noda yang menempel di baju tidur anak:

1. Rendam di Detergen Khusus

Cara pertama yang paling mudah dilakukan adalah merendam baju menggunakan produk detergen khusus. Ada produk detergen khusus pakaian bayi dan anak yang memang formulanya ampuh untuk membasmi noda. Tipe mereknya juga sangat beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Produk detergen ini juga memiliki formula yang lembut sehingga tidak akan merusak kualitas bahan.

Pemakaian detergen khusus untuk baju bayi ini akan membantu pakaian tetap awet. Selain itu produk ini juga sangat disarankan karena bisa menurunkan risiko alergi dan iritasi kulit pada bayi terutama bayi baru lahir. Aromanya tergolong lembut dan tidak menggunakan bahan-bahan yang memicu iritasi pada kulit sensitif si kecil.

2. Manfaatkan Cuka

Cara berikutnya yang bisa dicoba untuk membasmi noda pada baju anak adalah mencuci baju memakai cuka. Anda bisa merendam pakaian anak yang terkena noda ke dalam air yang telah dicampur cuka. Pakailah rasio 1:1 untuk air dan cuka yang akan dipakai. Cuka diketahui merupakan bahan yang sangat efektif mengangkat kotoran membandel pada pakaian tanpa merusak tekstur bahannya.

3. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Proses menghilangkan noda membandel pada baju atau piyama anak juga bisa dilakukan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Sinar matahari merupakan unsur alami yang akan membantu mengangkat noda pada pakaian. Setelah dicuci bersih, sisa-sisa noda yang masih terlihat bisa hilang berkat proses penjemuran.

Namun, perlu diketahui bahwa paparan sinar matahari langsung juga bisa merusak kualitas bahan dan warnanya. Oleh sebab itu, disarankan untuk menjemur pakaian di bawah paparan matahari langsung sebentar saja. Pastikan tidak terlalu lama agar kualitas bahan dan warna masih terjaga.

4. Gunakan Air Lemon

Anda juga bisa memakai air perasan jeruk lemon untuk membantu mengangkat noda pada baju anak. Air lemon ini sangat efektif membersihkan noda, khususnya untuk jenis noda akibat bekas tumpahan susu. Caranya mudah, cukup oleskan air lemon di bagian baju yang ternoda kemudian tunggu beberapa menit. Jika sudah, segera lakukan pembilasan pencucian seperti biasa.

5. Aplikasikan Bedak Bayi

Ternyata bedak bayi juga bisa membantu menghilangkan noda pada pakaian anak. Pemakaian bedak bayi ini khusus digunakan untuk mengangkat noda yang bersifat minyak. Misalnya minyak telon atau baby oil yang tidak sengaja terciprat ke baju. Caranya mudah, langsung saja taburkan bedak ke bagian yang ternoda kemudian diamkan 20 menit lalu cuci seperti biasa.

Itulah 5 tips mudah membersihkan baju piyama anak dari noda. Jika rutin dibersihkan setiap kali terkena noda, maka noda-noda tersebut tidak akan berubah membandel dan sulit dibersihkan. Kunci merawat pakaian anak adalah menjaga kebersihannya. Jika baju selalu bersih maka kualitasnya juga akan terjaga dan terlihat seperti baru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *