Ingin Baterai Non Removable Samsung A72 Awet, Simak 5 Tips Berikut!

  • Whatsapp
Ingin-Baterai-Non-Removable-Samsung-A72-Awet-Simak-5-Tips-Berikut
Foto dari Samsung

Ponsel pintar sudah menjadi bagian hidup masyarakat modern yang butuh alat komunikasi canggih. Salah satu pabrikan Korea Selatan yang terus mengeluarkan seri ponsel pintar terbaru adalah Samsung. Anda yang butuh ponsel dengan harga premium, maka bisa memilih seri terbaru Samsung A72. Dengan desain dan fitur menawan, ponsel ini dibandrol harga di atas 5 juta rupiah. Anda yang perlu ponsel untuk mendukung pemakaian baterai lebih awet, A72 memiliki baterai non removable Li-on 5.000 mAh.

Merawat baterai ponsel agar awet dan tahan lama

Baterai non removable punya keunggulan dari segi kepraktisan dan lebih ringan dibandingkan baterai lepas pasang. Hanya saja baterai non removable yang rusak lebih sulit diganti dengan biaya lebih mahal. Supaya Samsung A72 Anda bisa digunakan lebih lama, maka simak kiat merawat baterai ponsel lebih awet berikut :

1. Perhatikan siklus pengisian daya

A72 yang memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh memang bisa digunakan selama dua hari dalam kondisi menyala, asal Anda tidak menggunakan ponsel untuk bermain game online dan aktivitas berat lainnya. Siklus pengisian daya lebih cepat sebab menggunakan fitur fast charging 25 W. Namun, Anda tidak disarankan untuk melepas dan memasang charger sebelum baterai terisi sekitar 80 persen.

Pasalnya, lepas pasang charger sebelum baterai terisi akan membuat kualitas baterai menurun. Selain itu, jangan biarkan baterai ponsel Anda berkurang sampai habis, baru mengisi daya baterai tersebut.

2. Waktu pengisian yang berlebihan

Bila ponsel sudah menunjukkan baterai terisi hingga 100 persen, segera lepas charger yang tersambung pada colokan. Jika Anda membiarkan baterai tetap terisi penuh dalam waktu lama, maka risiko baterai rusak sangat tinggi. Bisa jadi energi panas yang terus masuk bisa menyebabkan komponen pada ponsel mengalami overheat.

3. Usahakan ponsel dalam kondisi mati saat terisi daya

Menggunakan ponsel tetap on, bahkan melakukan aktivitas dengan ponsel yang tersambung colokan listrik bisa mengakibatkan panas pada ponsel. Jika ingin baterai ponsel lebih awet bertahun-tahun, sebaiknya usahakan ponsel dalam kondisi mati, ya! Ponsel yang menyala dan digunakan pada saat pengisian daya memiliki risiko kerusakan lebih tinggi.

4. Mengatur kecerahan layar

Layar yang terlalu cerah atau penggunaan aplikasi tema yang bergerak pada ponsel bisa mengakibatkan konsumsi baterai lebih tinggi. Usahakan cahaya tidak terlalu terang saat Anda menggunakan ponsel pada siang hari. Beruntung A72 memiliki fitur mode gelap pada malam hari sehingga konsumsi baterai lebih awet dan tahan lama, lho! Tetap aman dari risiko kecerahan cahaya yang bisa merusak mata selama pemakaian sehari-hari.

5. Hindari menggunakan ponsel di bawah sinar matahari

Meskipun A72 memiliki layar Super AMOLED yang membuat Anda bisa menggunakan ponsel di bawah sinar matahari, tetapi Anda tidak disarankan menggunakan ponsel terlalu lama. Pasalnya, panas matahari bisa menyebabkan panas pada komponen ponsel dan memperpendek masa pakai baterai.

Tidak ada salahnya menggunakan power saver sehingga daya baterai lebih hemat selama pemakaian aktivitas sehari-hari. Kini Anda bisa berselancar di media maya tanpa cemas baterai akan berkurang dengan cepat, bukan?

Dari beberapa cara merawat baterai non removable di atas, Anda bisa memiliki Samsung A72 yang lebih tahan lama. Kualitas baterai non removable 5.000 mAh dengan fitur fast charging 25 W sangat mendukung aktivitas Anda yang perlu bepergian atau traveling setiap waktu. Yuk, segera dapatkan produk terbaru dari Samsung di gerai-gerai terpercaya atau distributor online yang menawarkan produk orisinal dengan garansi terjamin!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *