Tips Membuat Ramuan Tradisional Jepang Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

  • Whatsapp
Tips-Membuat-Ramuan-Tradisional-Jepang-Untuk-Mengobati-Berbagai-Penyakit
Foto dari Canva Pro

Masyarakat Jepang dikenal sangat menjaga kesehatan tubuh sehingga rentan terserang penyakit. Salah satu rahasia andalan masyarakat Jepang untuk mengobati berbagai penyakit ringan ialah dengan menggunakan ramuan herbal alami. Masyarakat Jepang memanfaatkan tumbuh-tumbuhan berkhasiat yang diproses sedemikian rupa, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal. Berikut tips membuat ramuan tradisional Jepang yang  bisa dicoba.

Dibuat Dari Bahan Yang Mudah Ditemukan

1. Parutan Jahe dan Minyak Wijen

Di Jepang, jahe dapat digunakan untuk mengobati obat sakit kepala dan gejala batuk. Untuk mengobati sakit tenggorokan yang ditimbulkan akibat batuk, anda dapat mengobatinya dengan mengunyah satu ruas jahe. Rasa pedas dari jahe dapat melegakan tenggorokan yang sakit. Sedangkan untuk meredakan sakit kepala, masyarakat Jepang menggunakan parutan jahe dan minyak wijen untuk dibalurkan di bagian kening. Tunggu hingga parutan jahe mulai kering.

2. Acar Buah Plum Dan Teh Hangat

Masyarakat Jepang mengganti paracetamol dengan acar buah plum untuk meredakan panas demam. Caranya, rendam buah plum dengan air cuka selama 2 hingga 3 hari sampai menjadi acar. Agar lebih nikmat untuk dinikmati, acar buah plum dapat diminum dengan teh hangat. Keringat yang keluar setelah meminumnya menandakan bahwa ramuan tradisional Jepang ini sudah mulai bekerja untuk menurunkan suhu tubuh, dan meredakan gejala demam anda.

3. Air Bawang Bombay

Rendaman air bawang bombay dengan campuran jahe dan madu dikonsumsi masyarakat Jepang untuk mengobati gejala sakit flu. Campuran ketiga bahan tersebut dapat meredakan pilek, dan melegakan tenggorokan yang gatal. Untuk mengatasi hidung yang tersumbat saat pilek, aroma bawang bombay diyakini dapat menjadi pertolongan pertama untuk melegakan  saluran hidung yang tersumbat. Gejala flu akan reda setelah beberapa kali konsumsi obat ini.

Beberapa penyakit ringan, sebetulnya dapat disembuhkan dengan ramuan alami. Bahan-bahan yang ada di dapur juga dapat berguna sebagai obat-obatan. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Jepang yang sering menggunakan ramuan herbal untuk mengobati beberapa macam penyakit. Selain mudah dibuat sendiri, menggunakan ramuan tradisional dapat mengurangi konsumsi obat-obatan kimia yang menimbulkan banyak efek samping kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *